logoLogo

BERITA

Tips APJII Agar Pengguna Windows Lolos

Tips APJII Agar Pengguna Windows Lolos 'Terkaman' WannaCrypt

Jakarta - Sehubungan dengan serangan yang telah terjadi secara global dalam waktu 48 jam terakhir, APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) menyampaikan beberapa saran kepada masyarakat guna meminimalisir jumlah komputer yang dapat terinfeksi oleh ransomware ini.

Ransomware adalah sejenis aplikasi tools/perangkat perusak yang dirancang serta ditanamkan secara diam-diam dan ketika dijalankan secara jarak jauh akan menghalangi akses kepada sistem komputer atau data. Ia bekerja dengan mengunci sistem dengan cara mengenkripsi file sehingga tidak dapat diakses hingga tebusan dibayar.

Adapun WannaCrypt yang sedang ramai saat ini, memanfaatkan kelemahan sekuriti pada beberapa versi sistem operasi Windows. Sebenarnya, Microsoft telah menyediakan Security Update Patch untuk menanganinya pada beberapa saat yang lalu. link https://inet.detik.com/security/d-3500644/tips-apjii-agar-pengguna-windows-lolos-terkaman-wannacrypt

Dalam keterangan yang diterima detikINET, tips dari APJII untuk menghindari serangan WannaCrypt atau sering juga disebut WannaCry ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari saran yang disampaikan lembaga yang lain. Namun tidak ada salahnya untuk menyimaknya lagi.

Bagi pengguna komputer berbasis Microsoft yang tidak yakin telah melakukan Security Update Patch MS-17-010, disarankan melakukan langkah sebagai berikut:

1. Sebelum menyalakan komputer:

a. Mencabut kabel data (LAN) yang tersambung
b. Mematikan WIFI yang dapat otomatis tersambung di sekitar komputer.

2. Setelah diyakinkan aman komputer tidak dapat tersambung ke Internet, maka komputer dapat dinyalakan untuk segera melakukan backup seluruh data ke Hard Disk Portable atau USB Flash Drive

3. Lakukan download security patch dari komputer berbeda yang tidak terlalu kritikal fungsinya atau melalui komputer berbasis non-microsoft di https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010 dan membaca https://blogs.technet.microsoft.com/msrc/2017/05/12/customer-guidance-for-wannacrypt-attacks/

4. Setelah selesai melakukan backup secara aman dan flash drive/Hard Disk portable disimpan dengan aman secara terpisah, pada komputer ybs dapat dilakukan update melalui file yang telah diunduh pada langkah terdahulu.

5. Silakan melakukan aktifitas seperti biasa setelah berhasil melakukan security update yang diperlukan.

Panduan tersebut dikeluarkan oleh APJII sebagai partisipasi dalam mencegah tersebarnya ransomware yang sedang mewabah, khususnya mengingat bahwa besok adalah hari senin hari pertama kerja. Sehingga semakin banyak komputer yang akan menjadi aktif pada hari tersebut.

"Untuk mengantisipasi kejadian serupa selanjutnya, diharapkan kepada seluruh pengguna teknologi informasi untuk secara cepat melakukan update system apabila telah tersedia karena update semacam ini walaupun terkesan meletihkan namun dapat menyelamatkan kita dari serangan-serangan cyber semacam ini dan juga agar berhati-hati menggunakan link di internet, email atau media sosial yg tidak di kenali krn di khawatirkan menjadi media penyebaran ransomware," sebut Much. Irfan, Wakil Ketua Hubungan Antar Lembaga APJII. (fyk/fyk)

Latest BERITA

Apa Itu Omnibus Law Cipta Kerja Isi dan Dampaknya bagi BuruhApa Itu Omnibus Law Cipta Kerja, Isi, dan Dampaknya bagi Buruh?
KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senin (5/10/2020), telah mengetok palu tanda disahkannya Omnibus Law RUU Cipta Kerja menjadi undang-undang. Pengesahan tersebut dilakukan dalam Rapat Paripurna ke-7 masa persidangan I 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.
Pengiriman menggunakan Wing Box
Tips APJII Agar Pengguna Windows Lolos 'Terkaman' WannaCrypt
Ketua Umum PERSI, Kuntjoro Adi Purjanto menjelaskan, ada empat cara yang dapat dilakukan RS untuk menangani virus ini. "Didasarkan informasi dari Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII), ada beberapa langkah yang perlu diambil," tegasnya dalam keterangan tertulis, Minggu (14/5).